Pengembangan Modul Membaca Kritis Teks Eksposisi dengan Pendekatan Reflektif di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Main Article Content

Siti Nurhaliza
Usman Usman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kebutuhan modul membaca kritis teks eksposisi dengan pembelajaran reflektif di Kelas VIII sekolah menengah pertama; (2) menghasilkan modul membaca kritis teks eksposisi dengan pembelajaran reflektif di Kelas VIII sekolah menengah pertama yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar; (3) menguji kelayakan modul membaca kritis teks eksposisi dengan pembelajaran reflektif di Kelas VIII sekolah menengah pertama. Penelitian ini adalah penlitian dan pengembangan yang dirancang dengan R2D2 (Recursive, Reflektife Design and Development Model). Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif dari uji ahli dan praktisi. Data kualitatif bersumber dari komentar, kritik, dan saran dari penilaian ahli dan praktisi terhadap modul. Data kuantitatif bersumber dari penilaian ahli dan praktisi terhadap komponen modul. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk Modul Membaca Kritis Teks Eksposisi dengan Pendekatan Reflektif di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama yang telah dinilai oleh ahli dan praktisi. Hasil penilaian ahli dan praktisi terhadap modul menunjukan penilaian dengan kategori sangat layak. Modul Membaca Kritis Teks Eksposisi dengan Pendekatan Reflektif dinyatakan sangat layak untuk meningkatkan keterampilan membaca kritis serta memberi pengetahuan tentang teks eksposisi terhadap peserta didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles