PEMAKSIMALAN KETERAMPILAN MEMBAWAKAN ACARA MAHASISWA MELALUI PEMANFAATAN YOUTUBE

  • Siti Ulfiyani Universitas PGRI Semarang

Abstract

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia adalah keterampilan menjadi pewara. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan youtube sebagai alternatif pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa kartu data dan pedoman observasi yang sudah divalidasi oleh pakar. Penelitian dilakukan pada tahun 2019 dengan informan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas PGRI Semarang yang mengambil Mata Kuliah Berbicara. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan tahapan: klasifikasi, analisis, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa youtube dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar, media pembelajaran, dan sarana mendisplai produk pembelajaran. Dengan bentuk pemanfaatan yang tepat, youtube dapat meminimalisasi berbagai kendala, di antaranya keterbatasan waktu untuk praktik, keterbatasan kemampuan berbahasa lisan mahasiswa, dan keterbatasan pengetahuan yang dimiliki mahasiswa.

Published
2020-07-07
Section
Articles