MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERCAYA DIRI DAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI KELAS BIPA UNIVERSITAS PGRI SEMARANG MELALUI PROYEK PEMBUATAN VIDEO

  • Raden Yusuf Sidiq Budiawan Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dan kemampuan berbicara di kelas BIPA Universitas PGRI Semarang melalui proyek pembuatan video. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penyediaan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dalam lima tahap. Mereka mengumpulkan data, mengkode data, membandingkan data, membangun interpretasi, dan melaporkan hasilnya. Selain itu, untuk mengatasi masalah siswa, beberapa upaya dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan berbicara mereka dengan menerapkan beberapa perawatan dalam proses belajar mengajar, melakukan permainan peran, dan melakukan simulasi di kelas. Setelah itu, siswa mempraktikkan kemampuan berbicara mereka dalam situasi nyata; siklus pertama adalah membuat video proyek di sekitar Kota Semarang sedangkan siklus kedua adalah di Kota Magelang. Data penelitian ini disajikan dengan metode formal dan informal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa proyek pembuatan video mampu 1) meningkatkan kepercayaan diri dan pelafalan siswa secara signifikan, 2) meningkatkan keterampilan bahasa Indonesia mereka, terutama kelancaran, kosa kata, dan akurasi dalam tata bahasa, dan 3) peningkatan motivasi dan antusiasme siswa yang mendorong mereka untuk belajar bahasa Indonesia dengan lebih baik di kelas BIPA.

Published
2020-07-07
Section
Articles